Pengertian Bangsa

Rabu, 01 Agustus 2012 Unknown
Pengertian Bangsa.
 
Sebelum membahas mengenai pengertian bangsa, di dalam bentuk yang masih sederhana, yaitu dalam keluarga pasti terdiri dari ayah, ibu, dan anak. Dan dalam ruang lingkup yang agak lebih besar keluarga berkembang sehingga lahirlah komunitas keluarga yang satu sama lain masih ada hubungan darah atau kekerabatan yang dikenal dengan masyarakat.
Bangsa adalah suatu kelompok masyarakat yang mempunyai kemauan untuk bernegara.
Berikut beberapa pendapat ahli mengenai pengertian bangsa.


Menurut Lothrop Stoddard , Bangsa adalah suatu kepercayaan yang dimilki oleh sejumlah orang yang cukup banyak bahwa mereka merupakan suatu bangsa. Kepercayaan tersebut merupakan suatu perasaan memiliki secara bersama sebagai suatu bangsa.


Menurut Otto Bauer , bangsa adalah kelompok manusia yang mempunyai suatu persamaan karakter dan watak dimana karakter atau watak itu tumbuh dan lahir yang terjadi karena adanya persatuan pengalaman.


Menurut Ernest Renan , bangsa adalah kelompok manusia yang terbentuk karena mereka memiliki kemauan untuk bersatu.


Menurut Friederich Ratzel , bangsa adalah sesuatu yang terbentuk karena adanya hasrat untuk bersatu. Hasrat itu timbul karena adanya rasa kesatuan antara manusia dan tempat tinggalnya.

Dari beberapa pengertian para ahli diatas, dapat disimpulkan bahwa bangsa adalah suatu masyarakat yang menempati daerah tertentu yang anggota - anggotanya bersatu karena pertumbuhan sejarah yang sama karena merasa senasib dan seperjuangan, serta mempunyai kepentingan dan cita – cita yang sama.

0 komentar: Pengertian Bangsa

Posting Komentar