Definisi Negara

Jumat, 03 Agustus 2012 Unknown
Definisi Negara.
 
Jika menjelaskan pengertian Negara, agak susah memang, karena Negara mempunyai banyak sekali definisi, dan berikut beberapa definisi Negara menurut beberapa ahli.
Roger H. Soltau
Negara adalah alat (agency) atau wewenang (authority) yang mengatur atau mengendalikan persoalan – persoalan bersama atas nama masyarakat.
Harold J. Laski
Negara adalah suatu masyarakat yang diitegrasikan karena mempunyai wewenang yang bersifat memaksa dan yang secara sah lebih agung daripada individu atau kelompok yang merupakan bagian dari masyarakat itu.
Max Webber
Negara adalah suatu masyarakat yang mempunyai monopoli dalam penggunaan kekerasan fisik secara sah dalam suatu wilayah.
Robert W. Maclver
Negara adalah asosiasi yang menyelenggarakan penertiban didalam suatu masyarakat dalam suatu wilayah dengan berdasarkan system hukum yang diselenggarakan oleh suatu pemerintah yang untuk maksud tersebut diberi kekuasaan memaksa.
Setelah menyimak beberapa definisi Negara diatas, dapat dikatakan bahwa Negara adalah suatu daerah territorial yang rakyatnya diperintah (governed) oleh sejumlah pejabat dan yang berhasil menuntut dari warga negaranya ketaatan pada peraturan perundang – undangannya melalui penguasaan (control) monopolistis diatas kekuasaan yang sah.
Teori – teori Terbentuknya Negara
Teori perjanjian masyarakat atau kontrak social
Teori ketuhanan
Teori kekuatan
Teori organis
Teori Historis
Sifat – sifat Negara
Sifat memaksa
Sifat Monopoli
Sifat mencakup semua

0 komentar: Definisi Negara

Posting Komentar